Solution For The Best Future

Per­to­bat­an pen­cu­ri

Se­per­ti­ga ma­lam ada­lah ke­ge­lap­an pa­ling ke­kal di la­ngit. Ha­nya be­be­ra­pa orang, yang ka­re­na hi­da­yah-Nya, bi­sa ba­ngun dan per­gi ber­wu­du. Se­o­rang sua­mi mem­ba­ngun­kan is­tri­nya de­ngan me­mer­cik-mer­cik­kan air ke wa­jah is­tri­nya yang ter­ti­dur pu­las. Sang is­tri ha­nya meng­ge­li­at.
Na­mun sang sua­mi kem­ba­li me­nyu­ruh­nya ba­ngun un­tuk ber­wu­du.

Me­re­ka sa­lat ma­lam ber­sa­ma. Tak­bir se­ra­sa me­ra­yu di ke­he­ning­an ma­lam. Sa­lat pa­ra mu­ja­hi­din yang rin­du ingin me­li­hat wa­jah-Nya. Su­jud ingin men­cium sur­ga-Nya. Se­ke­jap, sua­sa­na di mu­sa­la ke­cil da­lam ru­mah itu men­ja­di se­nyap dan da­mai. Hing­ga tak me­ra­sa sa­at itu se­o­rang pen­cu­ri me­nye­li­nap ma­suk ha­la­man. Lang­kah­nya se­ri­ngan ku­cing dan ia mem­ba­wa ling­gis ke­cil un­tuk me­ngung­kit jen­de­la.

Pen­cu­ri itu ber­ha­sil me­lom­pat ma­suk ke da­lam ru­mah. Se­je­nak ia me­na­jam­kan pan­dang­an dan mem­bang­kit­kan in­stui­si­nya, di ma­na­kah le­tak ka­mar yang me­nyim­pan har­ta ber­har­ga.

Pen­cu­ri itu ber­pi­kir. Ru­mah ini mi­lik se­o­rang gu­ru ne­ge­ri. Se­o­rang pe­ga­wai pas­ti bu­kan orang mis­kin. Pas­ti ada har­ta ber­har­ga ter­sim­pan da­lam le­ma­ri atau la­ci.

Ia kem­ba­li ber­jing­kat. Sa­at se­lang­kah ber­ja­lan ia men­de­ngar sua­ra orang sa­lat. Pen­cu­ri itu ter­se­nyum. Ke­sem­pat­an ba­gi­nya men­ja­rah se­mua ba­rang de­ngan le­bih be­bas, pi­kir­nya.

Pen­cu­ri itu ma­suk ke se­buah ka­mar. Ada tem­pat ti­dur, la­ci dan me­ja tu­lis. Ia mem­bu­ka la­ci me­ja itu. Na­mun ia ha­nya me­ne­mu­kan ben­da-ben­da re­meh yang tak ber­gu­na ba­gi­nya.

Ia la­lu per­gi me­nu­ju ke ka­mar lain­nya. Ia me­ne­mu­kan le­ma­ri pa­kai­an. Bia­sa­nya, di be­be­ra­pa tem­pat yang per­nah ia ja­rah, ba­nyak per­hi­as­an di­sim­pan di le­ma­ri pa­kai­an. Tak me­nung­gu aba-aba lang­sung ia meng­ob­rak-ab­rik isi le­ma­ri itu.

Ta­pi di si­ni pen­cu­ri itu ha­nya me­ne­mu­kan pa­kai­an dan pa­kai­an. Itu­pun je­nis pa­kai­an bia­sa, mu­rah dan tak cu­kup ber­har­ga se­ka­li­pun di­ju­al ke tem­pat lo­ak.

Orang ma­cam apa yang ting­gal di si­ni. Bia­sa­nya pe­ga­wai ne­ge­ri se­nang pa­kai­an-pa­kai­an ba­gus, ce­la­na-ce­la­na ma­hal, pi­kir­nya.

Pen­cu­ri itu ber­si­jeng­kat ke­lu­ar. Ma­sih ada dua ka­mar. Ia ma­suk ke sa­lah sa­tu­nya. Di si­ni pun ha­nya ada gu­dang tem­pat se­pa­tu, se­pe­da mo­tor bu­tut dan alat olah­ra­ga. Tak ada ben­da ber­har­ga. Sa­ngat tak mung­kin mem­ba­wa se­pe­da mo­tor bu­tut yang ter­kun­ci itu.

Pen­cu­ri itu se­per­ti hi­lang ke­sa­bar­an. Ia me­ra­sa ge­ram. Ia ke­lu­ar me­nu­ju ke ka­mar ter­akhir. Ia me­mu­tus­kan akan meng­am­bil ben­da apa­pun asal­kan la­ku di­ju­al.

Di ka­mar ter­akhir pen­cu­ri itu mem­be­ra­ni­kan di­ri meng­hi­dup­kan lam­pu. Se­ka­rang se­mua te­rang ke­li­hat­an. Se­mua la­ci dan le­ma­ri lang­sung ia ob­rak-ab­rik tak pe­du­li. Ta­pi la­gi-la­gi di ka­mar ter­akhir ini, ia tak me­ne­mu­kan ben­da ber­har­ga, ha­nya bu­ku dan bu­ku yang ba­nyak me­me­nuhi di ka­mar ter­akhir ini.

Pen­cu­ri itu se­ma­kin ke­sal. Ia be­lum men­da­pat­kan ben­da ber­har­ga apa­pun. Pa­da­hal ru­mah ini ru­mah se­o­rang gu­ru ne­ge­ri. Ma­sak tak ada yang bi­sa ia am­bil.

Na­pas­nya mem­bu­ru, der­de­tak tak ber­atur­an. La­ki-la­ki ting­gi be­sar itu ter­pak­sa ke­lu­ar tan­pa ba­rang ja­ra­han. Aman. Ia tak te­per­gok. Ta­pi ia ma­sih ke­sal tak meng­gon­dol apa-apa.

Ti­ba-ti­ba ia men­de­ngar sua­ra pin­tu di­bu­ka. Ia me­na­jam­kan te­li­nga. Di­li­hat­nya da­lam ke­ge­lap­an ter­nya­ta le­la­ki pe­mi­lik ru­mah ke­lu­ar de­ngan mem­ba­wa tas yang ter­li­hat be­rat. Pen­cu­ri itu me­ra­sa pe­na­sa­ran. Ia ingin meng­ikuti ke ma­na le­la­ki itu per­gi ma­lam-ma­lam be­gi­ni de­ngan men­jin­jing tas. Ia men­da­pati ter­nya­ta le­la­ki itu me­le­tak­kan se­buah bung­ku­san di de­pan pin­tu se­buah ru­mah mi­lik se­o­rang jan­da.

Ia ingin ta­hu apa yang di­ta­ruh le­la­ki itu. Ba­ru se­te­lah le­la­ki itu per­gi si pen­cu­ri ber­ha­sil men­de­kat. Isi bung­ku­san ada­lah be­ras, be­be­ra­pa te­lur ser­ta dua bu­ah mi in­stan. Dan di be­be­ra­pa tem­pat lain yang ju­ga di­da­tangi le­la­ki itu, en­tah itu di tem­pat orang jom­po mau­pun orang mis­kin di ujung ja­lan atau di ru­mah anak ya­tim, pen­cu­ri itu ha­nya me­ne­mu­kan ba­rang yang sa­ma.

Da­lam ha­ti ia mem­ba­tin, pan­tas­lah pe­ga­wai itu ti­dak pu­nya ba­rang yang ma­hal-ma­hal di ru­mah­nya. Pa­da­hal de­ngan ga­ji se­o­rang gu­ru ne­ge­ri, pas­ti­lah ia mam­pu be­li pa­kai­an ba­gus, per­hi­as­an atau ken­da­ra­an yang se­tiap ta­hun ba­ru.

Pen­cu­ri itu be­nar-be­nar ter­ce­kat ke­ti­ka me­li­hat le­la­ki der­ma­wan itu me­nu­ju ke se­buah ru­mah. Le­la­ki itu ju­ga me­le­tak­kan bung­ku­san yang sa­ma. Na­mun cu­kup la­ma si pen­cu­ri itu tak ber­kua­sa meng­ge­rak­kan ka­ki­nya, pa­da­hal un­tuk ma­suk ke ru­mah­nya sen­di­ri.

Pen­cu­ri itu akhir­nya mem­bu­ka bung­ku­san yang di­ting­gal­kan sang le­la­ki der­ma­wan di ru­mah­nya itu. Ti­ba-ti­ba en­tah meng­apa sa­at mem­bu­ka ba­rang itu da­da­nya men­ja­di se­sak. Ia se­ka­rang be­nar-be­nar me­nye­sal ham­pir sa­ja men­ja­rah ru­mah orang yang mem­be­ri­nya se­de­kah.

Ia me­na­ngis hing­ga ter­du­duk di de­pan pin­tu. Ha­ti­nya ba­sah de­ngan pe­nye­sal­an. Ia ber­to­bat ke­pa­da Tu­han dan me­mu­tus­kan se­jak de­tik itu ti­dak akan men­ja­di pen­cu­ri la­gi. Ia ber­syu­kur ke­pa­da Tu­han ka­re­na mem­be­ri­nya hi­da­yah le­wat se­o­rang der­ma­wan bu­kan je­ru­ji be­si hu­kum­an

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s