Solution For The Best Future

Mahasiswa Indonesia Juarai Lomba Kendaraan Irit BBM di Malaysia

img   img

Sepang, Malaysia – Datang ke Sirkuit Sepang, Malaysia sebagai juara bertahan, tim mahasiswa Indonesia berhasil menorehkan prestasi. Mereka merajai Kelas Urban di lomba irit BBM Shell Eco-marathon (SEM) Asia 2011.

Dalam siaran pers, Minggu (10/7/2011) kompetisi itu digelar di Sepang, Malaysia 6-9 Juli 2011. Tim mahasiswa Indonesia pun meraih berbagai penghargaan di kategori kendaraan Urban.

Yakni Mesin ITS 4 mendapatkan Grand Prize (juara utama) di kelas internal combustion dan Cikal ITB meraih Grand Prize di Urban Gasoline
Award.

Selain menyabet Grand Prize, Tim Mesin 4 yang mencatat jarak tempuh 150 km per liter menggunakan bahan bakar biodiesel (fatty acid methyl ester/FAME), juga menjadi pemenang Alternative Diesel Award (penghargaan bahan bakar diesel alternatif).

Tim Cikal ITB dengan 117 km per liter selain mendapat Grand Prize, juga meraih Silver Award untuk kategori Internal Combustion Urban.

“Senang sekali kerja keras kami membuahkan hasil. Mudah-mudahan ITS bisa tetap mengukir prestasi dan mempertahankan tradisi juara di SEM Asia,” kata Eko Hardianto, ketua tim Mesin ITS 4.

Selain berjaya di kelas Urban, tim Indonesia juga mendapat 2 penghargaan dari 4 penghargaan yang diperebutkan di kategori On-Track (di luar arena sirkuit).

Tim Semar Proto Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasi menjadi yang terbaik dalam bidang Technical Innovation (Inovasi Teknis), sementara tim Rakata dari Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih Communications Award.

SEM Asia 2011 kali ini diikuti 94 tim pelajar dari 12 negara (Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Pakistan, Vietnam, Iran, China, China Taipei, India dan Brunei Darussalam). Dari 94 tim tersebut hanya 38 tim yang berhasil menyelesaikan lomba.

Dalam ajang SEM Asia 2011 yang berlangsung 6-9 Juli, Indonesia diwakili oleh Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Politeknik Negeri Pontianak (Polnep), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Rekor Kendaraan Irit BBM

Sementara kendaraan paling irit BBM di Asia kali ini kembali dipegang oleh Thailand.

Tim Thailand yakni Luk Jao Mae Khlong Prapa memecahkan rekor baru untuk kendaraan irit BBM.

Kendaraan prototipe mereka bisa menembus rekor 2.213,4 kilometer per liter etanol. Cukup untuk mengendarai dari Kuala Lumpur ke Chang Mai Thailand.

Rekor tahun lalu mencapai 1.521,9 km/liter yang juga dibukukan oleh tim dari Thailand Kang Thabbok Upatham Changkol Kho So Tho Bo School.

Berikut spesifikasi dari 10 kendaraan hemat BBM ini

Kendaraan dari UI

1. Garuda Kesavha Evolution

Sasis: Semi monocoque
Bodi: fiberglass
panjang tinggi dan lebar: 273 cm, 80 cm dan 80 cm
wheelbase: 187 cm
berat tanpa pengemudi: 50 kg
rim: 14 inci
mesin: Suzuki Smash Titan 115 cc
Bahan bakar: bensin
Target di SEM: 1.000 km per liter

2. Kalabia (Nama diambil dari bahasa Papua yang artinya Hiu)

Sasis: Semi monocoque
Bodi: fiber/akrilik
panjang tinggi dan lebar: 248 cm,120 cm dan 123 cm
wheelbase: 148 cm
berat tanpa pengemudi: 120 kg
rim: 14 inci
mesin: Shogun 125 cc
Bahan bakar: bensin
Target di SEM: 500 km per liter

Kendaraan dari UGM

1. Semar Prototype

Sasis: Aluminium
Bodi: fiberglass
panjang tinggi dan lebar: 300 cm, 70 cm dan 110 cm
wheelbase: 160 cm
berat tanpa pengemudi: 50 kg
rim: 14 inci
mesin: 4 langkah, 1 silinder 90 derajat, 110 cc
Bahan bakar: bensin
Target di SEM: di atas 280 km per liter

2. Semar Urban


Sasis: Aluminium
Bodi: fiberglass
panjang tinggi dan lebar: 250 cm, 110 cm dan 125 cm
wheelbase: 137,5 cm
berat tanpa pengemudi: 100 kg
rim: 14 inci
mesin: 4 langkah, 1 silinder 100 cc
Bahan bakar: bensin
Target di SEM: 300 km per liter

Kendaraan dari ITB

1. Cikal Nusantara


Sasis: Aluminium
Bodi: serat karbon
panjang tinggi dan lebar: 250 cm, 110 cm dan 128 cm
wheelbase: 100 cm
berat tanpa pengemudi: 150 kg
rim: 16 inci
mesin: ICE 110 cc
Bahan bakar: bensin
Target di SEM: 100 km per liter

2. Rakata

Sasis: Full monocoque
Bodi: serat karbon
panjang tinggi dan lebar: 280 cm, 56 cm dan 77 cm
wheelbase: 104 cm
berat tanpa pengemudi: 60 kg
rim: 17 inci
mesin: 125 cc
Bahan bakar: etanol
Target di SEM: 600 km per liter

Kendaraan dari ITS

1. Sapu Angin 3

Sasis: Aluminium custom
Bodi: fiberglass/polyurethan foam
panjang tinggi dan lebar: 260 cm, 112 cm dan 125 cm
wheelbase: 150 cm
berat tanpa pengemudi: 90 kg
rim: 17 inci
mesin: Honda Revo 110 cc
Bahan bakar: bensin
Target di SEM: 300 km per liter

“Kami sudah memperbaiki dari sisi elektronik dan berat kendaraan, sehingga kami harapkan nanti kami mendapat angka yang lebih baik,” ujar team Manager ITS Anditya Yudhistira.

2. Sapu Angin 4:


Sasis; aluminium
bodi: fiberglass/polyurethan foam
panjang tinggi dan lebar: 260 cm, 112 cm dan 125 cm
wheelbase: 150 cm
berat tanpa pengemudi: 90 kg
rim: 17 inci
mesin: Mesin diesel 210 cc
Bahan bakar: solar
Target di SEM: 300 km per liter

“Ini satu-satunya mobil dari tim Indonesia yang memakai bahan bakar solar. Kami sudah melakukan perbaikan dari kestabilan dan titik berat yang merata,” ujar Team Manager Eko Hardianto.

3. Sapu Angin 5

Sasis: Aluminium
Bodi: fiberglass/polyurethane foam
panjang tinggi dan lebar: 280 cm, 60 cm dan 108 cm
wheelbase: 149 cm
berat tanpa pengemudi: 40 kg
rim: 21 inci
mesin: Mesin Paijo 90 cc yang dikembangkan sendiri oleh mahasiswa ITS
Bahan bakar: bensin
Target di SEM: 1.500 km per liter, di SEM 2010 mencapai 234 km per liter.

“Unit controlnya sudah diperbaiki dan masalah kestabilan dipecahkan dengan menambah turning radius,” ujar Team Manager Rahmad Hidayat.

Kendaraan dari Politeknik Negeri Pontianak (Polnep)

Sasis: st42
Bodi: fiberglass
panjang tinggi dan lebar: 312 cm, 70 cm dan 108 cm
wheelbase: 203,5 cm
berat tanpa pengemudi: 42,4 kg
rim: 16 inci
mesin: SOHC 4 langkah 35 cc
Bahan bakar: bensin
Target di SEM: 1.500 km per liter

Sumber: Detik

One response

  1. theodorus wiyanto

    bravo tim indonesia

    21 September 2011 pukul 13:05

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s